Rabu, 27 Januari 2010

Satu Anak Satu Pohon

SDK Lewotobi menanam.
Bertempat di kebun Sekolah Dasar Katolik Lewotobi, kecamatan Ile Bura, Flores Timur telah dicanangkan "Gerakkan Menanam Berbasis Sekolah". Pencanangan ini terjadi tanggal 16 Januari 2010 oleh Camat Ile Bura Yosef Tua Dolu, SIp mewakili Bupati Flores Timur Drs. Simon Hayon.

Gerakkan Menanam Berbasis Sekolah" ini difasilitasi Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Sosial (YPPS) untuk sekolah-sekolah di kecamatan Ile Bura. Inisiatif YPPS ini mendapat dukungan positif dari para guru, orang tua murid dan pemerintah Kecamatan Ile Bura.
Proses persiapan hingga penanaman yang terjadi tanggal 16 Januari difasisilitasi oleh YPPS mulai dari perencanaan bersama para guru, pembibitan, penanaman dan perawatan. Suksesnya kegiatan ini sangat ditentukan pula oleh para guru yang punya otoritas.

Pada hari pencanangan ini dipilih anakan tanaman pohon mahoni. Bibit tanaman mahoni ini diproses di sekolah oelha para siswa sedangkan tanaman-tanaman lain seperti pisang dan buah-buahan disiapkan bersama orang tua dan ditanam di kebun-kebun keluarga.

Hadir pada pencanangan ini, Camat Ile Bura dan segenap staf, kepala BPP Ile Bura, pihak YPPS dan juga nona Irene mewakaili Oxfam GB selaku donaturnya YPPS. Di kebun sekolah, setiap anak menanam masing-masing satu pohon dan akan bertanggungjawab merawatnya hingga berhasil

Selesai pencanangan dan penanaman di kebun sekolah, dilanjudkan dengan pemutaran film dan dialog dengan para siswa tentang pemanasan global dan perubahan iklim. Pemutaran film dan dialog ini dihadiri juga oleg para guru, camat dan staf pemerintah kecamatan serta para siswa. Melky Koli Baran dari YPPS bertaindak selaku pemanda dialog dan pemutaran film. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar pengunjung blog sangat dihargai.