Selasa, 02 Desember 2008

Pulau Solor Sekilas


Pulau Solor, merupakan sebuah pulau kecil di antara gugusan pulau-pulau di Timur Pulau Flores. Di antaranya ada pulau Adonara dan pulau Lembata.

Saat ini pulau solor masuk dalam wilayah kabupaten Flores Timur, dan terbagi dalam dua kecamatan, yakni Solor Timur dan Solor Barat. Sedang ada wacana dan upaya untuk pemekaran kecamatan di wilayah ini.

Perekonomian penduduk berbasis pada pertanian lahan kering (ladang) dengan penghasilan utama padi dan jagung serta aneka kacang-kacangan sebagai bahanpangan serta buah-buahan lokal yang terkenal yakni mangga solor dan ata nona solor yakni sejenis tanaman perdu dengan buah kecil mungil berbiji tapi daging buah yang membungkus biji-biji sangat manis dan sedap dimakan.
Ketika dunia menghadapi ancaman krisis pangan yang sesungguhnya bermula dari krisis bibit pangan lokal, pulau ini sesungguhnya menyimpan aneka bibit pangan lokal dan boleh dikatakan sebagai lumbung bibit pangan lokal untuk Flores Timur. Penulis pernah ke pulau Solor, tepatnya di Lamaole dan menemukan petani perempuan masih menjalani peran sebagai pemuliah bibit dan benih pangan.

Usaha perikanan terkenal dengan keuletan para nelayan kecil pulau ini menangkap dan menjual ke Larantuka (ibu kota Flores Timur) ikan "Krising", jenis ikan kerapu dasar laut yang enak jika dibakar atau direbus dengan air asam.

Pendidikan di sini sangat maju. Umumnya putra-putri pulau ini terkenal cerdas. Sejumlah putra terbauk pulau ini turut mengharumkan dunia pendidikan di Flores bahkan di Indonesia. Misalnya ada Dr. Yosef Suban Hayon yang koni dosen STFK Ledalero Maumere. Para guru dari pulau ini tersebar hampir ke seluruh Flores Timur.
Wakil Bupati Flores Timur Yosef Lagadoni Herin berasal dari pulaub Solor, tepatnya dari kampung Pamakayo.

Masih ada sejuta informasi yang bisa digali dari pulau ini. Tentu perlu penelitian. Siapa yang bisa melakukannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar pengunjung blog sangat dihargai.